Pentingnya Membangun Personal Branding Sebagai Blogger

by - Oktober 04, 2021

Holla gais! Kali ini aku akan membahas tentang personal branding sebagai seorang blogger. Sebagai seorang blogger yang newbie tentunya sangat penting dengan mengetahui personal branding. Terkadang sebagai blogger, kita dilanda delima sebenarnya saya mau nulis blog tentang apa sih? Sebenarnya saya mau dikenal sebagai blogger di bidang apa sih?. Saya sendiri sampai saat ini masih bingung juga. Akhirnya saya memutuskan blog saya isinya gado-gado. Hal-hal random yang akan saya tulis dalam hidup saya seperti lifestyle, bisnis, healthy information, beauty, relationship.

Pentingnya Membangun Personal Branding Sebagai Blogger

Apa itu Personal Branding?

Personal branding merupakan salah satu manfaat blog, selain sebagai media berbagi pengalaman dan pengetahuan juga bisa menulisakan pemikiran, gagasan, atau pengetahuan seorang blogger untuk menunjukkan siapa dirinya, karakternya, keahliannya, hobinya, serta minat dan bakatnya, Dengan segala kekuatan yang dimiliki bagi diri sendiri. Branding untuk blogger ada berbagai macam mulai dari blogger traveling, kulier, Kesehatan, lifestyle, beauty, dll. Dengan membuat website melalui blog itu salah satu sarana memperkenalkan diri, promosi diri dan juga membranding diri sendiri.

Membangun sebuah blog itu penuh pertimbangan bahkan memilih nama blog saja lumayan pusing. Hal ini tentunya menjadi bahan pertimbangan bagi saya yang nekad untuk beli custom domain yang tidak memiliki basic ilmu tentang perbloggan. Karena saya ingin sekali membuat blog yang sebenarnya sudah saya mengetahui sejak duduk dibangku SMK tentang blog akan tetapi belum mencoba untuk praktik. Kali ini saya akan serius buat ngeblog dengan membelinya domain.  Untuk memilih nama domain saya tidak ingin pilih nama asal karena yang pertama saya harus membayar setiap tahunnya dan saya tidak ingin sama sekali domain yang saya beli itu asal-asalan. Gamau semua menjadi sia-sia. Setidaknya bisa bermanfaat.

Alasan pilih nama blog alfiyaar

Dari awal membuat blog sebelum TLD (Top Level Domain) saya sudah menggunakan nama lengkap saya afiyatunrochmah.blogspot.com. kemudian, saya memutuskan beralih menjadi TLD sebelum genap satu tahun ngeblog. Ketika masih ngeblog gratis saya sudah yakin sekali untuk menggunakan nama saya . dibalik itu semua, nama blog ini memiliki arti yang penting bagi saya. Akhirnya, saya putuskan untuk memberi nama blog ini dengan nama alfiyaar.com yaitu nama saya sendiri Alfiyatun Rochmah. Nama asal pemberian  dari orang tua saya yang artinya seribu kerohmatan. Untuk nama blog  dari nama singkat yaitu alfiyaar yang artinya seribu

Mengapa Personal Branding itu Penting?

Personal branding saat ini sangat penting karena dengan kita memiliki personal branding orang-orang jadi lebih mengenal diri kita.

Nah, untuk memulainya kita harus mampu mengetahui potensi diri kita. Beberapa tujuan Personal Branding sebagai berikut :

1.Memperkenalkan citra diri sendiri

2.Memudahkan orang lain untuk mengenal kita

3.Meningkatkan rasa percaya diri pada semua orang

4.Lebih bisa fokus pada diri sendiri untuk meningkatakan personal branding

Cara Membangun Personal Branding

1.Lebih Mengenal Diri Sendiri

Carilah kegiatan baru yang bisa meningkatkan skill kamu selagi masih mudah, banyak banget kegiatan di luar sana yang bisa mendapatkan penghasilan di rumah.

2.Update Konten Artikel

Ingin blogger kita dikenal orang semua orang. Untuk itu perlu menjadwalkan pekerjaan yang akan di buat. Sebagai seorang penulis perlu banget untuk mengatur jam terbangnya buat menyelesaikan tugasnya menulis.

3.Optimasisasi Media Sosial

Di era digital seperti saat ini hampir sekian ratus ribu penghuni Indonesia menggunakan Social media sebagai alat komunikasi. Maka peran media social ini sangatlah penting dalam membangun personal branding.

4.Gabung Komunitas

Blogger profesional merupakan salah satu pekerjaan yang bukan menjadi impian banyak orang. Banyak lulusan SMK yang sudah join web tersebut. Blogger profesional merupakan salah satu pekerjaan yang bukan menjadi impian kebanyakan orang. Orang-orang yang mengenal blogger profesional adalah mereka yang banyak bergabung dengan komunitas. Dalam sebuah komunitas akan memberikan informasi-informasi yang menunjang perblogan.

Semoga tulisan tentang cara membangun personal branding ini bisa memberikan semangat dan memotivasi teman-teman untuk menjadi versi terbaik dari diri. Karena setiap kita adalah unik dan memiliki potensi, kemampuan, serta peran masing-masing yang wajib kita optimalkan. 

Thank you for Reading!



You May Also Like

0 Comments