Pengalaman Mengikuti Seleksi Kerja di Perusahaan Pertambangan

4 komentar

Holla gais! I hope you all're in a good condition. Kali ini aku akan berbagi sebuah pengalaman ketika status mahasiswa perguruan tinggi berubah menjadi seorang jobseeker yang masih terombang-ambing kesana kemari untuk mendapatkan pekerjaan pertama sebagai fresh graduate. Aku lulusan dari salah satu politeknik ternama di kota Semarang. Alhamdulilah Aku lulus tepat ketika semester 7 berakhir. Bulan Januari 2023 aku menyelesaikan tugas akhir sehingga bisa mendapatkan gelar S.Tr. Ak.

Karena aku kuliah di Politeknik yang acara wisudanya dilaksanakan setahun sekali. Untuk itu sembari menunggu wisuda aku mulai mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan passion aku di bidang Finance.  Sejak di keluarkannya Surat Keterengan Lulus di bulan Maret. Akupun langsung untuk mencari lowongan pekerjaan di berbagai platform. Tidak terhitung jumlah perusahaan yang sudah aku lamar, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil.

Dari sekian banyak jumlah perusahaan yang aku daftar, hanya 20% nya yang memanggilku untuk proses interview. Saat itu persaingan mencari pekerjaan di kota besar seperti Semarang sangat tinggi, didukung dengan jumlah perusahaan yang terbatas dan lulusan universitas yang justru membludak alias sangat banyak lulusan dari kampus-kampus disekitar Semarang yang sangat kompenten dibidangnya. Tidak jarang aku mengeluhkan keadaanku yang terus menerus ditolak atau dipanggil oleh perusahaan perusahaan tersebut kepada orangtua, keluarga, dan teman dekat. Yang kemudian mereka balas dengan menyemangatiku.Beberapa teman banyak yang bilang, “yaa allah sesusah itu yaa cari kerja yang notabene non pengalaman”.

Alhamdulilah akhirnya tepat setelah lebaran hari raya kemarin aku bisa keterima kerja di Kota Semarang di Kawasan BSB  perusahaan swasta milik PMA (Penanaman Modal Asing) sebagai Staff Accounting. Tentunya tidak mudah aku bisa masuk kerja di sana banyak pelamar yang tentunya ada yang sudah berpengalaman dan fresh graduate sepertiku. Akhirnya dengan do’a orang tua dan usaha aku bisa masuk kerja sembari menunggu wisuda.

Sembari bekerja aku tetap applay diperusahaan lain. Suatu hari, aku melihat lowongan kerja di LinkedIn open recruitment di perusahaan tambang sedang membutuhkan lulusan dari Akuntansi. Membaca hal tersebut, aku pun langsung applay.  

About Company 
KalimantanPrimaPersada

PT. Kalimantan Prima Persada (KPP) adalah anak perusahaan PT Pama Persada Nusantara (PAMA) salah satu perusahaan member of Astra dalam bidang Pertambangan, salah satu kontraktor pertambangan terbesar di Asia Tenggara. Sejak didirkan pada tahun 2003, PT Kalimantan Prima Persada terus menunjukkan kinerja dan kontribusi yang luar biasa dalam dunia bisnis pertambangan. Head Office terletak di Jakarta Timur. Well, siapa sih yang tidak mau kerja di pertambangan? dengan salary yang fantastis, dan fasilitas yang mendukung seperti mess, uang makan, akomodasi, transport pulang pergi naik pesawat ditanggung perusahaan, asuransi, dll. Menjadi incaran para fresh graduate termasuk saya ehehe. Apalagi saat itu dibuka program FGDP "Fresh Graduate Development Program". Siapa yang tidak mau ya kan!

I Will tell you about my experience taking part in the job selection at PT KPP. The series of selection processes starts from May 2023.

Tahapan Seleksi Kerja

1.Pendaftaran melalui website perusahaan

Dengan membuat akun pendaftaran, mengisi beberapa form pendaftaran dan mengirimkan CV alhamdulilahnya tidak disuruh upload berkas-berkas seperti ijazah, transkip, dll. Untuk kamu bisa mempersiapkan CV sebaik mungkin bisa juga dibaca ini Tips Membuat CV Fresh Graduate lolos Screening HR.

2. Test Psikotes yang diadakan secara Online

Psikotest di perusahaan tambang menurut aku hampir sama dengan test psikotest di perusahaan lain hanya saja diperusahaan ini para kadidat diawasi oleh lembaga penyelenggaraan test psikotest yang sudah kerja sama dengan perusahaan dengan melalui zoom. Beberapa test Psikotest meliputi:

a.CFIT (Culture Fair Intelligence Test) 

CFIT ini terdiri dari beberapa sub test terdiri dari subtest seri, klasifikasi, matriks, persyaratan, setiap subtesnya memiliki waktu pengerjaan dan jumlah soal yang berbeda. Disini disuruh ngerjain dengan waktu yang cepat dan jawaban yang tepat. 

b.Test Menggambar

Para kadidat disuruh mempersiapkan 2 lembar kertas HVS untuk menggambar Orang dan Pohon. Saat mengambar dikasih waktu yang cukup singkat.

c. Test Pauli/Koran/Angka

Test ini terdiri dari gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur dan berbentuk jarul-jarul. Cara mengerjakan tes ini sangat sederhana dengan menjumlahkan deretan angka-angka. Namun jumlah angka yang diberikan sangat banyak. 

d.  Tes Aritmatika 

Aritmatika sederhana dan tidak begitu sulit, hanya saja waktunya sangat singkat. 

e. Soal Cerita 

Terdapat suatu cerita mengenai orang, interaksi dengan orang lain serta kegiatan yang dia lakukan selama satu hari penuh. Jawaban pertanyaan dituliskan secara tersirat pada cerita tersebut. Jadi, perlu analisis sederhana saat mengerjakan soal cerita ini.

f.  Test Kepribadian PAPI Kostick (Perseptual And Preference Inventory Test)

Test ini berisi 100 soal dan tiap soal hanya ada 2 pilihan dan dipilih salah satu yang benar atau mendekati benar sesuai dengan kepribadian peserta test. Tidak ada jawaban benar atau salah.

g. Interview Psikolog

Setelah test psikotest selesai, dihari sama interview dengan Psikolog. Pertanyaan seputar kepribadian peserta tes, kegiatan selama kuliah, organisasi, pengalaman kerja, motivasi kerja, kenapa memilih KPP, posisi yang diambil. Saat itu saya mengambil posisi FGDP (Fresh Graduate Development Program) pada divisi FAT “Finance, Accounting, and Tax”.

3.  Interview User

Beberapa hari menunggu hasil test tersebut sembari bekerja. Akhirnya Aku mendapatkan informasi untuk proses user ini kurang lebih 2 minggu setelah proses psikotest dan interview psikolog. Pada 2 juni 2023 aku mendapatkan informasi kalau lolos test psikotest. Saat ditelepon untuk interview, pihak Human Capital memberitahukan ku 3 hari sebelum test berlangsung dan test berlangsung secara offline di Head Office Jakarta Timur. Btw disini aku sedang posisi berkerja juga jadi tidak sempat mempersiapkan apapun untuk persiapan test ini.

Pada 4 juni aku langsung berangkat ke Jakarta, yang sebelumnya aku juga belum pernah ke Ibukota Jakarta baru pertama kali untuk melakukan test kerja jadi ini pengalaman aku pergi ke Jakarta. Dengan keinginan dan tekadku aku memberanikan diri untuk ke Jakarta sendirian. H-1 aku memesan tiket kereta api untuk berangkat ke Jakarta. Dari Stasiun Weleri sampai stasiun Jatinegara kurang lebih perjalanan hampur 6 jam. Alhamdulilah aku memiliki saudara yang tinggal di Jakarta jadi aku bisa beristirahat di rumah saudaraku di daerah Halim Perdanakusuma. Pada 5 juni aku langsung ke tempat interview di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur di Gedung PAMA. Setelah sampai di lokasi bertemu dengan beberapa kadidat lain dari beberapa universitas ternama di Indonesia untuk interview juga. Proses interview belangsung mulai  Jam 8 pagi - 4 sore.

Tahap user ini saya bertemu dengan Human Capital Akuntansi tentunya sesuai dengan posisi pekerjaan yang saya lamar dan pastinya sangat berpengalaman dibidangnya. Disini para peserta test disuruh mengerjakan test technical terkait akuntansi, test ini berlangsung selama 2 jam-an. Setelah itu peserta disuruh istirahat untuk makan siang dan sholat. Alhamdulilahnya dapat makan gratis hehe. Setelah itu, interview berlangsung secara lisan satu persatu kadidat dipanggil untuk melanjutkan interview dengan user.  Pada awal-awal interview aku merasa sedikit grogi karena pertanyaan yang diberikan sangat random, yaitu hal-hal yang tidak disangka sebelumnya dan tentunya tingkat pengetahuan kita, sekaligus menguji mental dan kesiapan kita.

4.  Interview Manager

Dihari sama setelah dinyatakan lulus dari interview user, pada sore harinya melakukan interview dengan manager keuangan. Alhamdulilah aku bisa lolos tahap user sehingga aku bisa lanjut interview dengan manager. Tahap interview berlangsung selama 30 menit, selesai interview dengan manager disuruh langsung pulang. Sebelum pulang aku mengembalikan id card perusahaan  di post satpam. Belum ada pengumuman lolos tidaknya. disini deg-degan bangett. Setelah itu pun aku langsung pulang ke rumah saudaraku kurang lebih jaraknya hampir 45 menit aku naik gojek. Tidak lama kemudian jam 11 malam aku berangkat ke stasiun pasar senin untuk pulang ke Rumah. Tiba di rumah jam 6 pagi dijemput bapak  di stasiun weleri. Setelah sampai rumah aku langsung siap-siap untuk berangkat bekerja kembali. Jujurly capekk bangett dihari itu because macetnya sepanjang kota Kendal menuju Semarang yang notabene seharian kurang beristirahat ditambah lagi dengan hetic-nya tempatku bekerja. Alhamdulilahnya aku bersyukur masih diberikan kesehatan untuk bisa menjalankan aktivitas yang sangat padat ini.

Hal yang membuat aku risau beberapa hari kedepan adalah ingatan sewaktu menjalani interview manager, karena terkadang muncul rasa penyesalan, keinginan agar waktu diputar kembali, wkwk maklum anaknya suka ngayal. Tetapi, aku berusaha untuk menguatkan dan memotivasi diriku untuk tetap tegar dan menerima apapun hasilnya nanti, selain itu aku juga yakin rejeki sudah ada yang mengatur.

5.  Interview Direksi

Beberapa minggu berlalu dan akhirnya ada pesan melalui via WA yang tidak dikenal memanggil aku sekaligus mengatakan bahwa aku lolos interview manager dan berlanjut pada tahap berikutnya yaitu interview dengan direksi. Seketika hal ini membuatku kaget dan bersyukur sekaligus lega karena kerisauanku selama ini telah terjawab. Tahap interview direksi akan dilaksanakan tanggal 20 Juni 2023 di Head Office Jakarta Timur. Sehingga aku berangkat ke Jakarta kembali di H-1 test. Dengan keberanianku berangkat ke Jakarta dengan sendiri tentunya. Berkat do’a kedua orang tua aku dipermudah dalam melakukan interview.

6.  Offering Letter

Dihari yang sama setelah interview direksi. Langsung pengumuman kadidat yang lolos untuk siap di hire ke perusahaan. Setelah itu, proses berikutnya yaitu Offering Letter. Bener-bener deg-degan ditahap ini, calon karyawan dipanggil satu-satu lagi untuk offering letter dan menandatangani surat perjajian kerja meskipun belum dinyatakan resmi kelulusan akhir. 

7.  Medical Check-Up

Perusahaan pertambangan melakukan MCU yang sangat lengkap, hampir semua organ tubuh diperiksa. Pada 26 Juni 2023 aku melakukan MCU jaraknya tidak lama setelah interview dengan direksi. MCU dilakukan di klinik Prodia Semarang di MT Haryono. MCU menghabiskan waktu dari pukul 06.00 sampai 10.00 aku sengaja berangkat jam 5 pagi dari rumah supaya tidak lama menunggu antrian dan masih sepi soalnya juga keburu mau kerja. Test MCU ini meliputi cek darah, urine, cek fisik, mata, audiometri, spirometri, alat vital, EKG, rontgen, tulang ekor. Waktu mengikuti tahapan test ini diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu pada malam sebelumnya. 

Tips sebelum MCU usahakan untuk berolahraga, makan minum yang sehat, istirahat yang cukup dan hal yang sangat penting kamu bisa melakukan MCU mandiri terlebih dahulu supaya lebih mengetahui hasil kondisi kesehatan kamu. Soalnya test MCU perusahaan hasil akhirnya tidak di beritahu ke calon karyawan.

Tiga hari setelah melakukan Medical Check Up pada 30 Juni 2023 hasilnya langsung keluar. Hasilnya sangat mengkagetkanku tertulis Unfit tidak sesuai dengan standar perusahaan. Membuat aku cukup sedih tentunya. Tapi aku percaya ini semua sudah rencana Allah yang mengatur terkait rejeki. Aku tetap berusaha tabah dan mengikhlaskan yang sudah terjadi. Yang terpenting aku selalu bersyukur mempunyai pengalaman test kerja yang sangat berharga di perusahaan tambang dan aku bisa bertemu dengan orang-orang hebat tentunya. Dan Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk hambanya.



"Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." Surah Al Baqarah ayat 216
Begitu kurang lebih proses seleksi yang aku jalani untuk mengikuti seleksi di Mining Company, prosesnya mungkin kurang lebih sama dengan masuk perusahaan lainnya. Untuk kamu yang tertarik mendaftar di Perusahaan pertambangan bisa kunjungi website Career KPP. Tips usahakan saat interview berlangsung tetap tenang agar tidak grogi yang dapat membatu pikiran menjadi blank selain itu beri kesan bahwa kamu bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan tetap jaga Kesehatan selalu hal ini ternyata sangat penting bagi Kesehatan tubuh kita. Aku sengaja mencantumkan informasi secara spesifik agar bisa lebih bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai hal terkait.

 

Good Luck!



 



Alfiyatun Rochmah
Hello, I'm Alfiya, majoring in accounting in the Computerized Accounting study program at Semarang State Polytechnic. This blog is about my experiences in school, relationships, travel and personal blogs. Most of the content on this blog will be written in Indonesian. Be Enjoy Guys!

Related Posts

4 komentar

  1. Terima kasih mbak pengalamannya berguna banget khususnya buat saya, ada keluarga saya yang sekarang juga sedang mencari kerja. Semoga cepat dapat pekerjaan yang lebih baik.

    BalasHapus
  2. Ternyata tes untuk bekerja di perusahaan pertambangan banyak dan berlapis ya, semangat kak. Semoga dapat yang lebih baik.

    BalasHapus

Posting Komentar