Terapkan Waktu Minum Air Putih Yang Baik

by - September 13, 2021

Cairan merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, kita dapat menyiasatinya dengan rutin minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup.

Meminum air putih merupakan kegiatan yang mudah dan murah, meski demikian terdapat aturan minum air putih yang perlu kita ketahui.


Sebab, kekurangan maupun kelebihan asupan air putih, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Nah kapan sih waktu terbaik minum air putih? Simak postingan berikut yaa

Waktu-waktu Penting Minum Air Putih

Anda harus pintar dalam mengatur waktu untuk minum air putih. Maka dari itu, inilah pembagian waktu untuk mengkonsumsi air putih diantaranya sebagai berikut:
•    Pagi hari
Cara sederhana untuk memulai kegiatan sehari-hari adalah dengan menikmati segelas air putih di pagi hari. Bahkan, ada kemungkinan bahwa air minum yang diminum di pagi hari ketika bangun akan membuatnya mudah untuk mempertahankan kebiasaan hidrasi sehat serta meningkatkan asupan cairan dalam sepanjang hari.
Ketika Anda merasa dehidrasi, maka asupan cairan yang ada di dalam tubuh akan membantu untuk meningkatkan hidrasi. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, fungsi dari otak, dan juga meningkatkan energi untuk beraktivitas.
Fakta telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun bisa memengaruhi memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan yang negatif. Namun, sebagian kecil orang pasti menemukan bahwa air minum di pagi hari berfungsi untuk dirinya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa minum air di pagi hari lebih bermanfaat daripada di waktu lain, siang hari.
•    Sebelum makan
Kapan sih waktu yang tepat untuk minum air putih? Anda harus tahu minum segelas air sebelum makan adalah strategi yang bagus ketika Anda sedang pada masa-masa menurunkan berat badan atau diet.
Hal yang perlu Anda ketahui, bahwa minum air putih tidak hanya membantu untuk meningkatkan rasa kenyang ketika makan, tetapi juga untuk mengurangi asupan makan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ketika meminum 16,9 ons (500 ml) air dalam jangka waktu 30 menit sebelum sarapan akan mengurangi jumlah kalori sebanyak 13% dibandingkan dengan yang lain.
•    Sebelum serta sesudah melakukan olahraga
Ketika berolahraga, Anda harus tahu fakta bahwa tentang kehilangan air serta elektrolit melalui keringat.
Sebelum melakukan olahraga Anda bisa minum banyak air karena penting sekali untuk menjaga tubuh Anda agar tetap hidrasi dan juga membantu untuk mengisi ulang kembali cairan yang telah hilang ketika berolahraga.

Anda harus tahu bahwa ketika tubuh banyak kehilangan cairan akan membuat kinerja fisik rusak dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.
Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk Anda meminum air atau meminum elektrolit juga setelah melakukan olahraga. Hal ini akan membantu Anda untuk mengganti cairan yang telah hilang serta akan mengoptimalkan kinerja dari pemulihan tubuh setelah berolahraga.

Konsisten Dalam Mengkonsumsi Air Putih Menjadi Kunci Utama

Anda harus tahu bahwa tubuh akan secara ketat akan mengatur keseimbangan air di waktu siang dan kelebihan air akan dikeluarkan melalui tubuh, terutama di kulit, paru-paru, ginjal, serta sistem pencernaan. Tapi, Ada hal yang harus diketahui yaitu tubuh Anda hanya mampu untuk menghilangkan sejumlah air pada beberapa waktu.

Ada fakta lain yang harus Anda ketahui, bahwa ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi air tentu akan mengganggu kadar natrium. Bahkan, Anda harus tahu ketika terlalu banyak mengkonsumsi air putih akan memberikan efek samping diantaranya yaitu sakit kepala, bingung, kelelahan, kejang-kejang, serta koma.

Dampak berbahaya mengkonsumsi air secara berlebih yaitu permasalahan pada ginjal, jantung, pembengkakan pada sel tubuh, dan beser atau sering buang air kecil. Alih-alih dengan meminum air sekaligus. Anda bisa atur penghitung waktu untuk mengingatkan bahwa Anda butuh minum dengan waktu berkala,Anda juga bisa menyimpan segelas air setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat.



You May Also Like

0 Comments