Belajar dari Kondisi Pandemi

by - September 14, 2021

Hai Guys! Gimana Kabarnya? Sudah lama kita tidak bertemu. Kangen tempat sekolah, tempat tongkrongan, kangen liburan, dll.  Pandemi virus Corona masih belum berakhir. Saatnya untuk kita belajar menerima kondisi pandemi ini, dan perlahan menyingkirkan ketakutan tanpa mengurangi kewaspadaan. Yang pasti, kita seharusnya tidak melupakan tujuan utama dalam hidup yakni menjadi bahagia. Selalu ada hal yang bisa kita syukuri dalam hidup ini.

Jika tetap kesulitan menghilangkan rasa bosan, merasa gabut dirumah tidak ngapa-ngapain coba deh cari kesibukan baru. Belajar hal baru misalnya seperti belajar digital marketing, pemrograman, desain grafis, menulis, dll. Kan lumayan, dengan belajar kita bisa usir bosan sekaligus mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan nilai plus dengan kita mempunyai skill baru bisa mendapatkan pengahasilan. Enak kan awalnya hobby bisa mendapatkan penghasilan.

Sebagai mahasiswa yang hanya merasakan kuliah offline baru satu semester. Di semester pertama perkuliahan masih merasa happy banget menjalankan aktivitas perkuliahaan seperti mengikuti beberapa organisasi yang aada di kampus, bekerja sebagai freelancer untuk mendapatkan income tambahan, bertemu dengan teman-teman sebaya dengan membicarakan hal yang sangat random, dll.  Kemudian, liburan semester pertama selama 2 minggu lamanya di rumah mau mulai masuk ke semester kedua kuliah datanglah si virus corona ke bumi. Untuk itu ada info dari kampus kalau kuliahnya dilakukan secara online sesuai anjuran pemerintah sampai sekarangpun saya semester 5 masih online. Sangat sedih sekali sih ini kuliah online tidak bisa bertemu teman, segala aktivitas kegiatan perkuliahaan dibatasi, tidak jadi hidup merantau karena saya sudah pulang ke kampung halaman.

Awal-awal harus menjalani hidup di rumah aja, aku juga merasa bosan. Ya mirip-mirip sama yang sebagian dari kalian rasakan. Tapi entah kenapa perlahan rasa bosan itu hilang dengan sendirinya. Mungkin karena aku mulai menyibukkan diriku sendiri dengan berbagai macam hal. Kalau dipikir-pikir, aku sebenarnya gak ada niatan belajar apa pun. Tapi ternyata ada juga hal yang aku pelajari. Akhirnya aku menyadari bahwa kondisi yang serba gak enak ini ternyata sedikit banyak mengajariku beberapa hal. Kurang lebih kalau dirinci ini, lho, hasil belajarku dari kondisi ini.

Awal mula Corona ini ada dan kita semua dihimbau untuk di rumah aja, yang aku lakukan adalah banyak rebahan. Aku akhirnya mulai merenung dan berpikir. Dengan merasa gak enak akan kondisi saat ini, aku akhirnya menyadari betapa menyenangkannya kondisi sebelum Corona hadir bisa melakukan segala hal dengan bebas tanpa menggunakan masker. Karena itu, aku tersadar bahwa sebenarnya walaupun kondisi serba gak enak seperti saat ini ternyata aku masih diberi banyak nikmat yang bisa aku syukuri. Aku masih bisa bernapas.

Dengan adanya himbauan di rumah aja, sebagai mahasiswa yang melakukan aktivitas belajar,  meskipun di rumah aja tetap bisa berjalan seperti belajar di kelas, hanya bedanya kalau online gini masih bisa bertemu dengan virtual meet seperti zoom atau gmeet. Akan tetapi, Meskipun kuliah online tetap semangat dalam mengikuti perkuliahan pada biasanya supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah dihitung-hitung ini sudah hari ke-14 aku mengikuti ODOP. Dan ternyata, Alhamdulillah, lancar-lancar aja meskipun udah pernah hutang sekali. Ternyata dengan cara dipaksa menulis secara bertubi-tubi ini juga cukup melatih skill menulisku. Selain itu aku jadi lebih peka menangkap potensi yang ada di sekitarku untuk bahan tulisan juga. Gak nyangka ternyata keisenganku ini juga membuahkan manfaat.

Gak nyangka, ya, ternyata ada aja hikmah dari kondisi yang serba gak enak ini. Ternyata dengan di rumah aja, aku bisa meningkatkan ketrampilan yang tidak aku duga-duga sebelumnya.

Kalau kalian gimana? Di rumah aja bikin kalian belajar tentang apa? Apa jangan-jangan malah belajar stalking mantan? Hehehe.





You May Also Like

0 Comments