Resolusi Tahun Baru 2021

Januari 07, 2021

Sudah tujuh hari memasuki tahun 2021. Sebelumnya, mau mengucapkan Selamat Tahun Baru guys. 2020 rasanya berlalu lebih cepat banget ya guys? Bahkan ga kerasa sama sekali tahu-tahu udah berganti tahun aja. Semoga tahun 2021 ini lebih menyenangkan dan membawa kabar baik dan semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat dan selalu bahagia.

Jika sekilas berkunjung ke tempat teman-teman, beberapa sudah membuat tulisan seputar resolusi dan harapan. Saya  bukan orang yang suka membuat resolusi biasanya menjalani tahun tersebut begitu saja. Tentu harapan selalu ada, namun jika ada yang tidak terwujud menjadi bahan refleksi untuk diri saya sendiri.

Entah kenapa karena mulai aktif di Blog, jadi ingin membuat tulisan seputar hal-hal yang ingin tercapai di tahun ini. Tentu tulisan ini nantinya jadi bukti apakah hingga akhir tahun saya bisa mewujudkannya. Ketika ditanya apa resolusi tahun ini? Saya akan menjawab menjadi lebih baik. Klise. Sangat klise. Hanya saja memang sesederhana itu. Menjadi lebih baik dalam hal apapun Sebab, semakin bertambahnya usia saya menyadari bahwa tolak ukur "menjadi lebih baik" adalah berkaca dari tahun sebelumnya. Berkaca pada diri sendiri yaa. Tidak bisa membandingkan dengan orang lain, karena itu akan menjadi tolak ukur yang berbeda. Apa yang tidak terjadi di tahun lalu, tentu bisa terjadi di tahun ini Jika ternyata lebih baik berarti resolusi sederhana tersebut tercapai.

Lantas, saya tertarik untuk menantang diri sendiri akan menjadi lebih baik di tahun ini, yaitu Bahagia untuk saya adalah ketika saya bisa bangun lebih pagi, lebih tepat waktu dan bisa melakukan apapun yang saya inginkan untuk mengisi hari-hari saya selama beraktivitas dirumah. Beberapa hal yang saya lakukan yaitu :

Journaling 

Book Journal 2021

Keseimbangan Hidup!, itulah yang ingin saya capai saat ini. Tentang finansial, personal, aktivitas, dan tentu saja tentang spiritualitas. Untuk bisa mencapai keseimbangan tersebut, saya harus memiliki alat pendukung yang salah satunya adalah menulis Journal untuk menentukan target apa aja yang ingin saya capai. Kalau selama ini saya lebih banyak mengandalkan ingatan yang ternyata banyak salahnya sering kelupaan. Maka, beberapa hari saat mulai dicatat aku tahu ada motivasi yang harus kupecut lebih keras untuk memenuhi target.


Menulis Target Harian
 
 
Daily Journal

Banyak manfaat yang saya dapat selama setahun rutin menulis journal harian (walaupun sampai sekarang belum berhasil bikin journal yang tampak aesthetic dan artsy, hahaha). Beberapa di antaranya adalah menulis target harian membantu saya untuk melepaskan isi hati dan mengurai pikiran-pikiran yang semrawut di kepala, lebih teratur, terorganisasi dan membuat lebih semangat, lebih termotivasi, serta menjadi pribadi yang banyak bersyukur.

 
Memperbaiki Diri 
 
 
List Routine Ibadah

Gak ada yang lebih penting untuk saya capai selain memperbaiki diri sebaik-baiknya. Memperbaiki kesalahan yang sudah saya buat di tahun sebelumnya, dan yang pasti lebih mendekatkan diri lagi pada Sang Pencipta. Sebagai hamba-Nya sudahkah mendekatkan diri kepada Allah menjadi bagian dari resolusi kita di awal tahun?

Apalagi setelah melewati tahun 2020 yang penuh ketidakpastian. Kehilangan dan kesedihan mencakupi kehidupan kita. Seolah minim kebaikan yang terjadi. Namun, ternyata kita tetap bertahan di hari ini.

Setelah apa yang saya alami, saya jadi semakin sadar bahwa satu-satunya yang bisa kita percaya hanyalah Allah SWT. Tanpa kehadiran-Nya sudah pasti hidup saya nyasar kemana-mana. Hahaha…saya akan lebih mendekatkan diri kepada-Nya dan sepenuhnya percaya terhadap takdir yang diberikan.
 
Lalu, apa yang sepantasnya saya lakukan untuk memperbaiki hubungan kita kepada Tuhan? 
Saya  sendiri mulai mencoba untuk merutinkan ibadah sesuai target yang saya tulis. Memperbaiki hati dan pikiran, agar lebih dapat menerima dan mengimani takdir baik maupun buruk yang datang menghampiri. Ada beberapa hal yang aku lakukan untuk menjaga kedekatan ini. Salah satunya membuat daftar Routine ibadah.

Dengan berpemikiran ingin menjadi orang yang sukses, tentu harus punya rencana. Meski terkadang manusia yang merencanakan dan Allah yang menentukan adalah hal yang mutlak tidak terelakkan, hingga tak jarang manusia jauh dari harapannya. Tetapi jika dengan rencana saja kita masih menemukan kegagalan, lalu jika tidak direncanakan, apakah Allah tetiba memberikan jalan lurusnya terus, dan kita bisa sukses?

Hal itu bisa saja terjadi jika Allah berkehendak. Namun sebagai manusia, kita sudah sangat dianjurkan untuk berusaha, salah satu caranya adalah dengan berencana. Semua yang direncanakan, merupakan salah satu kepercayaan bahwa kita akan bisa mencapai target, dan itu pasti disertai dengan do’a. sedangkan do’a merupakan pintu keberhasilan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa semua do’a diterima. Hanya saja kapan akan terlaksana, tidak pasti langsung dikabulkan. Gagal sekarang, kemungkinan tahun depan baru bisa terlaksana.
 
Kalau kalian Gimana Resolusi ditahun 2021? Bisa tulis dikolom komentar yaa… Semoga apapun sebutannya, baik resolusi, tujuan, tantangan, dll yang sudah teman-teman buat, satu per satu bisa terwujud. Berharap juga yang tepat dan terbaik selalu teman-teman peroleh di tahun ini. Tetap jaga kesehatan dan semoga selalu sehat dan bahagia 😉🤗




You Might Also Like

0 Post a Comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *