Tips Mengatasi Overthinking di masa pandemi

by - September 07, 2021

Holla gais! Siapa yang nggak pernah Overthinking? Semua orang pasti pernahkan ya melakukan overthinking, yang di mana setiap orang lebih banyak memikirkan hal-hal yang belum terjadi hingga merasa ketakutan. Ketakutan-ketakutan ini tercipta karena diri sendiri di dalam pikiran. Takut banget sama masa depan, selalu mikir habis ini mau ngapain? Pertanyaan yang sering aku banget tanyakan pada diriku sendiri :)

overthinking

Overthinking

Overthinking adalah istilah dari suatu perilaku yang memikirikan segala sesuatu secara berlebihan. Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan tentu akan berdampak buruk terhadap mental seseorang. Oleh karena itu, Overthinking ini perlu mendapatkan perhatian khusus harus segera diatasi agar tidak menerus menyebabkan kerugian, baik terhadap mental maupun fisik. Mulailah dengan cara menghargai diri kita sendiri dan selalu bersyukur.

Dampak Overthinking

1. Susah Tidur

Masalah ini yang sering di alami oleh setiap orang kesulitan untuk tidur. Karena di waktu sebelum tidur ini lebih banyak memikirkan sesuatu hal yang belum terjadi.

2. Tidak percaya pada diri sendiri

Karena overthinking dapat menurunkan rasa percaya diri pada seseorang.

3. Kondisi fisik merasa capek

Selain Kesehatan organ tubuh, overthinking akan membuat fisik kita cepat capek. Karena waktunya terlalu banyak dihabiskan untuk mencemaskan sesuatu hal. Karena Ketika seseorang memikirkan sesuatu yang belum terjadi secara berlebihan akan memicu horman pada tubuh kita yaitu hormon penghasil stress. Hal ini berdampak pada fisik cepat capek.

Berikut ini beberapa tips yang bisa di terapkan untuk meminimalisir Overthinking:

1. Menghadapi pikiran yang Negatif

Cara terbaik dalam meminimalisir overthinking adalah dengan cara menghadapi pikiran negatif.  Perbanyak bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi. Energi positif dari orang-orang di sekitar kita akan menarikmu dalam semangat baru dan pastinya membuat kamu jadi lebih produktif.

2. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin agar membuat hidup jadi lebih sehat dan Bahagia.

3. Melakukan hal yang di sukai

Cara yang paling ampuh untuk meminimalisir overthinking yaitu dengan melakukan apa yang kamu sukai.

4. Rajin membaca atau menulis

Kegiatan membaca atau menulis membuat kamu fokus tentang sesuatu. Pilihlah bacaan yang sesuai minat dan hobi. Menulis akan membantumu menyalurkan pikiran dan ide-ide kreatifmu.

5. Melakukan meditasi

Kamu bisa melakukan meditasi pada diri sendiri dengan menjadwalkan setiap harinya. Hal ini dikarenakan proses untuk keluar dari overthinking ini bisa dibilang gampang-gampang susah, tidak semua orang bisa keluar dari kebiasaan secepat mungkin.

6. Fokus pada masalah yang di hadapi

Biasanya orang yang overthinking kesulitan pada inti masalah yang di hadapinya. Hal ini dikarenakan overthinking membuat seseorang lebih mudah menyesali segala sesuatu yang terjadi,Untuk mengurangi hal itu terjadi, maka dibutuhkan kemauan diri untuk fokus pada penyelesaian masalah.

Okey itu beberapa tips yang udah aku pernah ngalamin. Kamu punya pengalaman menangani overthinking versi kalian, yuk share pengalamanya di kolom comment. Siapa tahu cara kamu bermanfaat buat orang lain. Thank you for reading.
 

You May Also Like

0 Comments