Tips Membuka Toko dan Berjualan di Marketplace

by - September 02, 2021

Pandemi COVID-19 telah berdampak pada berbagai sektor yang mengakibatkan pemutusan hubungan terhadap kerja ribuan karyawan.Banyak orang memilih berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan dan menyambung hidup.

Menjadi seorang wirausaha saat ini bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet masyarakat saat ini mulai terbiasa untuk melakukan sesuatu hanya dari rumah, termasuk urusan belanja.

Kehadiran teknologi dan internet di tengah-tengah masyarakat membawa nilai istimewa yang mana mampu mempermudah hampir semua urusan rumah tangga.Tidak hanya berbelanja, saat ini semua orang juga sudah melakukan pembayaran listrik, BPJS, tagihan pulsa, pemesanan tiket, dll melalui smartphone atau komputer.

Lalu, sebenarnya apa sih Marketplace?

Marketplace adalah sebuah platform atau tempat di mana penjual dapat menjual barang secara online. Semua orang lebih memilih melakukan jual beli melalui online marketplace, karena mudah dan juga praktis. Melalui platform marketplace, kalian tidak perlu menyewa tempat untuk membuka lapak jualan kalian. Karena terdapat berbagai platform e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online, salah satunya Tokopedia.

Alasan Berjualan di Marketplace

1. Proses buka toko mudah dan gratis
2. Potensi mendapatkan pelanggan lebih besar
3. Tidak perlu membuat website bisnis sendiri
4. Beragam metode pembayaran disediakan
5. Terima pesanan kapanpun
6. Kesempatan mendapatkan dukungan promo dari marketplace
7. Fitur gratis ongkir kirim yang menarik lebih banyak pelanggan

Beikut ini cara membuka toko dan tips berjualan di Tokopedia

Banyaknya pilihan dalam menjual produk di marketplace membuat pemilik bisnis harus mempelajari cara menjual produk di marketplace tersebut. Kalian yang sering menggunakan marketplace Shopee, mungkin sudah tidak kesulitan ketika harus belanja atau jualan di sana.  Tapi apakah cara berjualan di Shopee sama seperti di Tokopedia? Simak penjelasannya sebagai berikut:

Panduan buka toko di Tokopedia

1. Pada tahap pertama, Buka aplikasi Tokopedia atau bisa melalui website Tokopedia, Klik Akun terlebih dahulu

2. Lalu klik Akun Toko

3. Kalian akan diarahkan ke halaman buka toko. Buka Toko Gratis

Panduan Buka Toko di Tokopedia

4. Daftar melalui facebook, Google Mail, atau nomor handphone. Pilih salah satu

5. Tulis nama toko. Nama toko tidak bisa diubah ya. Pastikan kalian sudah menyiapkan nama toko yang sesuai. Setelah isi nama toko, isi domain toko. Domain toko ini nantinya akan berfungsi sebagai link toko di Tokopedia

6. Masukkan alamat toko yang benar dan lengkap. Alamat ini akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari toko kalian. Lengkapi nama jalan,nomor bangunan, RT/RW, Kecamatan, dan kode pos. klik Simpan

Panduan Buka Toko di Tokopedia 

7. Akun Tokopedia kalian telah selesai dibuat dan dapat langsung digunakan

8. Finally, segera tambahkan produk supaya toko kalian cepat dapat pesanan ya.

Kelebihan Bisnis Online Marketplace

1. Peluang lebih besar melalui komunitas
2. Tidak perlu takut kehilangan konsumen
3. Fitur dan regulasi online marketplace yang baik
4. Tidak perlu modal besar

Kekurangan Bisnis Online Marketplace

1. Sulit mendapatkan Trust
2. Persaingan antar pedagang tinggi
3. Bergantung pada pengelola online marketplace

Tips Menentukan Harga Jual di Marketplace

Customer tidak akan pernah tau berapa keuntungan yang Seller terima. Jadi, dengan sedikit menaikkan harga kalian bisa memberikan pelayanan yang lebih baik untuk customer.
Misalnya sabagai seller bisa berikan garansi 100% uang kembali atau garansi pengembalian produk dengan gratis ongkir. Garansi akan memberikan nilai plus ke customer, karena mereka merasa aman sehingga berani untuk melakukan transaksi.

Panduan Buka Toko di Tokopedia
Detail Pesanan Produk di Tokopedia

Toko Alfiyaar

Okay, itulah beberapa tips berjualan di Marketplace.Yuk Semangat raih mimpi-mimpi sekarang dengan buka toko di Tokopedia. Kalau ada yang sudah berpengalaman jualan di Marketplace shere yaa! Thanks you for Reading.




.

You May Also Like

0 Comments