Cara Kerja Algoritma TikTok Agar Konten Makin Viral!

Posting Komentar

Pada awalnya TikTok diluncurkan dengan nama Douyin. Pada bulan September tahun 2016, ByteDance yang memiliki perusahaan asal China meluncurkan sebuah aplikasi video pendek yang memiliki nama Douyin. Douyin dapat memiliki pengguna sebanyak 100 juta pengguna dan tayangan video sebanyak 1 miliar tayangan setiap harinya hanya dalam jangka waktu 1 tahun. Aplikasi ini masuk ke Negara Indonesia pada tahun 2017. Sepanjang tahun 2018 aplikasi tersebut merajai App Store dengan 500 juta kali unduhan lebih. Sebagian besar pengguna TikTok diketahui merupakan generasi muda. Indonesia sendiri menjadi negara pengguna TikTok kedua terbanyak di dunia dengan jumlah 99,1 juta orang. Fitur FYP atau For Your Page menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari TikTok karena dapat menyajikan video-video sesuai ketertarikan user. Maka dari itu, banyak user yang betah scrolling TikTok berjam-jam.

Konten TikTok

Namun, ada beberapa cara agar video kamu masuk ke halaman FYP dengan cara mengetahui algoritma TikTok. Terutama dalam membuat konten viral untuk bisnis tak bisa dilakukan sembarangan. Kamu  perlu mempelajari sejumlah elemen, termasuk algoritma yang menjadi salah satu metriks TikTok analytics. So, langsung aja yuk disimak tipsnya!

Apa itu Alogritma TikTok?

Algoritma TikTok adalah sistem yang didesain untuk menyajikan konten kepada user berdasarkan ketertarikannya. Algoritma TikTok akan merekomendasikan konten dari peringkat video berdasarkan preferensi kamu sebagai pengguna baru dan akan terus disesuaikan dengan kebiasaanmu saat menonton video. Algoritma TikTok bekerja berdasarkan minat dan ketertarikan user, sehingga FYP yang kamu miliki tidak akan sama dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang berbeda.

Bagaimana cara kerja Algoritma TikTok?

cara kerja TikTok selama ini, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ranking video TikTok hingga dapat masuk FYP seseorang. Di antara faktor-faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok tersebut adalah sebagai berikut.

1.Informasi pada Vidio

Vidio TikTok

Algoritma TikTok juga bekerja berdasarkan pada informasi video sebagai preferensi untuk ditampilkan pada FYP user. Ketika mengunggah video ke TikTok, ada baiknya lengkapi dengan informasi seperti caption dan hashtag yang relevan. Selain menggunakan hashtag yang umum dipakai, targetkan untuk menjangkau audiensi yang diincar. Begitu pula caption, cantumkan informasi sesuai produk dalam kalimat-kalimat tegas dan menarik. Hal yang penting kamu lakukan dengan membuat kesan di 3 detik pertama untuk memikat atau membuat penasaran penoton. Dengan begitu, akan memberi sinyal ke algoritma bahwa orang enjoy dengan video kamu dan akan membagikannya ke lebih banyak user.

2.Penggunaan audio dan efek

Melimpahnya efek dan audio yang tersedia adalah faktor yang membuat banyak orang ketagihan memakai TikTok. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menunjang konten berbisnis supaya terlihat lebih kekinian. Meski begitu, jangan sampai berlebihan, sebab bakal mengalihkan fokus audiensi dari produk utama. Algoritma TikTok menyukai video yang menggunakan sound yang sedang trending. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya agar konten kamu bisa FYP.

3.Kualitas konten yang diunggah

Bagaimana cara agar konten kamu bukan cuma menarik, tetapi dapat menghasilkan penjualan? Merancang konten orisinal, memakai hashtag terkini, hingga memakai video beresolusi tinggi adalah beberapa cara yang dapat dilakukan. Kamu bisa memilih tema konten yang menarik seperti make up, skincare, bercerita, dll. Kemudian, kamu dapat fokus membagikan video yang sesuai dengan tema konten kamu. Semakin kamu konsisten dengan tema konten yang dipilih, algoritma TikTok akan mengenali jenis konten kamu dan bisa menyalurkannya ke audiens yang tepat.  Jadi algoritma TikTok pun bakal menganggap konten kamu bagus dan layak masuk FYP.

Itulah pembahsan tentang algoritma TikTok, dari mulai pengertian, cara kerja algoritma TikTok, dan tips untuk memaksimalkan algoritma TikTok agar konsten bisa FYP.
Masih bingung dengan algoritma untuk TikTok analytics? Matamaya dapat membantu Anda memahaminya sampai dapat memaksimalkan algoritma untuk kepentingan bisnis.



Alfiyatun Rochmah
Hello, I'm Alfiya, majoring in accounting in the Computerized Accounting study program at Semarang State Polytechnic. This blog is about my experiences in school, relationships, travel and personal blogs. Most of the content on this blog will be written in Indonesian. Be Enjoy Guys!

Related Posts

Posting Komentar