Tips dan Manfaat Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

Hai semuanyaa! Minggu depan seluruh umat islam sudah memasuki bulan Ramadhan.  Bulan yang ditungggu-tunggu kehadirannya untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Kegiatan yang biasanya dilakukan selain beribadah yaitu menyimpan makanan di kulkas atau almari es, supaya makanan akan tetap terjaga dan bisa di konsumsi kembali.

Di masa sekarang ini wajib banget menjaga tubuh agar tetap selalu sehat dengan cara menjaga nilai gizi dari makanan yang akan kita konsumsi. Supaya kualitas makanan yang kita simpan tetap terjaga dengan kondisi baik, tentunya diperlukan metode pengolahan dan penyimpanan yang tepat.

tips menyimpan bahan makanan di kulkas

Apalagi dalam kehidupan kita pernah mengalamin “Baru buka kulkas, eh ternyata sayuran udah busuk.” Siapa nih, di sini  yang mengalami hal kayak gitu ?  aku sendiri pun sering banget hehe apalagi sekarang tinggal di kontrakan sebagai anak kuliah, memiliki satu kulkas kecil milik ibu kontrakan yang bisa digunakan untuk menyimpan bahan persediaan makanan. Akan tetapi, Namanya anak kuliah terkadang ada niatan untuk memasak sendiri supaya lebih hemat kan yaa. Tetapi, Ketika membutuhkan bahan makanan seperti sayuran, eh sayurannya udah busuk karena kelamaan di dalam kulkas dan tidak di cek kualitas sayuran tersebut, akhirnya dibuang sia-sia sayurannya.

Cara menyimpan bahan-bahan makanan ternyata nggak bisa sembarangan ferguso Ternyata ada tips dan triknya cara menyimpan bahan makanan agar lebih awet dalam menyimpan bahan makanan. Sama halnya tubuh yang membutuhkan perawatan agar tetap sehat.

Nah, agar bahan makanan tetap segar dan tahan lama, simak beberapa tips mudah menyimpan makanan berikut :

1.    Simpan makanan tidak lama setelah dimasak

Sering kali ketika saya dan teman-teman  makanan yang udah dimasak melebihi porsi makanan, untuk lebih hemat juga bisa dimasukin ke kulkas supaya bisa dimakan lagi. Dan saat menyimpan makanan jangan terlalu lama minimal tidak kurang dari 2 jam setelah dimasak.  Karena jika makanan terlalu lama di ruangan akan terkontaminasi bakteri atau virus yang berada pada suhu ruangan makanan tersebut disimpan.

2.    Simpan dalam wadah sesuai porsi makanan

Agar bisa menghemat tempat penyimpanan di kulkas pisahkan bahan makanan Ketika disimpan untuk menjaga makanan tetap dalam keadaan bersih dan higenis serta aman untuk dikonsumsi keesokan harinya.

3.    Perawatan kulkas

Sama halnya dengan perawatan wajah yang perlu dirawat, kulkas pun juga butuh perawatan sebaik mungkin, kamu bisa melakukan pengecekan berkala menggunakan termometer internal kulkas dengan memastikan suhu kulkas adalah ≤ 5 ÂșC. Selalu bersihkan dan periksa kulkas secara berkala untuk menjaga kulkas tetap bersih dan berfungsi dengan optimal.

4.    Cek tanggal kedaluarsa

Hal yang kita ketahui tidak ada makanan yang bisa tahan lama semuanya pasti ada expired. Sebelum kita membeli makanan biasakan cek terlebih dahulu kapan tanggal kedaluarsa agar tidak menyesal.

5.    Gunakan label pada wadah makanan

Untuk mempermudah dalam penyimpanan kamu bisa menuliskan beberapa keterangan pada label wadah makanan, seperti jenis makanan, tanggal saat menyimpan atau tanggal makanan baik digunakan.

6.    Gunakan freezer

Salah satu cara menyimpan makanan yang baik adalah dengan menggunakan kulkas, supaya lebih awet lagi kamu bisa menggunakan freezer kulkas. Karena freezer kulkas bisa menyimpan makanan beku dalam jangka waktu lama. Namun, yang turut diperhatikan adalah tidak semua makanan cocok disimpan dalam freezer.

Ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa disimpan dalam freezer seperti, susu, kopi telur, madu, yogurt, makanan yang sudah digoreng atau sudah dimasak. Sedangkan,makanan yang bisa disimpan dalam freezer seperti, bahan makanan yang belum diolah, makanan olahan daging, es krim, daging mentah dan jenis bahan makanan lain yang perlu disimpan dalam keadaan beku.

7.    Simpan dalam wadah tertutup\

Peralatan dapur

Peralatan dapur disimpan dalam wadah tertutup, sisa makanan juga perlu disimpan dalam wadah tertutup ketika disimpan dalam kulkas. Pastikan wadah tertutup untuk menyimpan makanan menggunakan bahan berkualitas baik seperti Ansen Fridge dari Grinn Living.   

Ansen fridge terdiri dari dua ukuran yaitu ukuran medium dan large penempatan Ansen Fridge juga dapat disesuaikan dan aman jika ditumpuk. Selain itu, Ansen Fridge dan Griin Living sudah aman dengan food Grade 100% BFA Free yang juga memiliki ventilasi untuk mengatur udara yang masuk & menjaga kelembapan.

Okey, itulah tips dan manfaat menyimpan bahan makanan dikulkas semoga dengan tips di atas kamu bisa memanfaatkan kulkas untuk menyimpan persediaan bahan makanan dengan lebih efektif dan efisien. Kalian juga boleh  banget sharing pengalamannya di kolom komentar. thank you for you reading!

 


Alfiyatun Rochmah
Hello, I'm Alfiya, majoring in accounting in the Computerized Accounting study program at Semarang State Polytechnic. This blog is about my experiences in school, relationships, travel and personal blogs. Most of the content on this blog will be written in Indonesian. Be Enjoy Guys!

Related Posts

Posting Komentar