Macam-Macam Teknik Memasak yang harus diketahui

by - Oktober 13, 2021

Holla gais! kalian kalau lagi nonton acara televisi misalnya acara masterchef Indonesia pasti ingin tahu mereka memasak apa, teknik memasak apa yang sedang dilakukan dan, bagaimana caranya memasak supaya jadi masakan yang lezat. pertanyaan-pertanyaan itu yang biasanya sering dipertanyakan di pikiran kalian kan? Aku sendiripun begitu hehe, supaya menghasilakan masakan yang enak. Teknik memasak apa saja yang paling sering kamu pakai di dapur nih? 

Apakah Menggoreng, menumis, atau merebus masakan. kali ini aku akan membahas beberapa macam teknik memasak. Istilah yang sering disebutkan dalam teknik memasak ada banyak sekali macamnya. Buat kamu yang terbiasa memasak di rumah tapi tidak menguasai berbagai macam teknik memasak, tidak masalah terus Simak artikel di bawah ya supaya kamu mengetahuinya dan nanti bisa kalian praktekkan sendiri dirumah!

Teknik Memasak yang Perlu Kamu Kuasai

Berbagai macam teknik memasak memang harus dikuasai agar kamu bisa memasak aneka resep makanan. Bagi pemula tidak harus menguasai semua teknik memasak cukup satu atau dua teknik memasak kamu bisa menciptakan masakan yang enak. Kali ini aku akan memberikan 5 Teknik memasak yang akan dipelajari  terutama bagi anak kost yang ingin menghemat biaya hidup kamu  bisa melakukan dengan masak sendiri supaya lebih hemat juga.

Biar lebih jelas, yuk simak 5 teknik memasak berikut ini :

1.Sauteing

Sauteing atau menumis adalah teknik memasak yang menggunakan sedikit minyak dengan suhu yang tinggi bahkan tidak perlu menggunakan minyak. Teknik memasak dengan metode tersebut sangat mudah, simple, tidak membutuhkan waktu yang lama, dan lebih bagus dari pada menggoreng jika kamu ingin mengurangi masakan yang berminyak. 

Salah satu keuntungan memasak dengan teknik ini adalah membuat masakan rasanya tetap enak dan terlihat fresh. kalau dilihat dari keseimbangan gizinya teknik ini lebih sehat karena menggunakan minyak lebih sedikit. Selain itu, jika kamu memasak sayuran mengandung kaya akan vitamin.

Berbagai bahan makanan bisa diolah dengan menggunakan teknik ini, mulai dari sayuran, jamur, seafood, ataupun daging. Selain itu, makanan yang sering dijumpai dengan menumis yaitu sayur kacang panjang.

2.Shallow Frying

Shallow Frying yaitu teknik memasak dengan menggunakan minyak yang sedikit. Teknik ini menggunakan minyak yang tingginya hanya setengah makanan. Biasanya shallow frying ini digunakan untuk menggoreng daging,ikan dan beberapa jenis gorengan lainnya. Saat menggoreng makanan agar semua bagiannya matang sempurna,kita harus rajin membolak balikan agar matangnya merata bewarna kecoklatan. 

Yang harus diketahui saat menggunakan teknik shallow frying ini minyak yang sudah digunakan sebaiknya tidak boleh digunakan untuk menggoreng lagi, karena jika dipakai kembali akan bahaya bagi tubuh kita terutama bisa menyebabkan kolestrol.

3.Boiling

Semua orang pasti tidak asing dengan teknik ini yang sering kali kita gunakan, apalagi bagi anak kost kalau sudah tanggal tua hehe yaitu merebus mie. Nah, teknik merebus makanan menggunakan air itu disebut boiling. 

Boiling yaitu mengolah bahan makanan dalam cairan yang sudah mendidih. Bukan hanya air, media yang digunakan pun bisa diganti dengan kaldu, santan, susu dan cairan lainnya. 

Prosesnya dimulai saat air dipanaskan mencapai 100 derajat Celcius. Supaya makanan cepat matang, panci dapat ditutup selama proses memasak. Hal ini bertujuan agar uap air tertahan dan menimbulkan panas. Untuk melakukan teknik ini persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :

1. Air harus mendidih

2. Alat perebus disesuaikan dengan air dan jumlah bahan makanan yang akan diolah

3. Alar perebus harus ditutup agar menghemat energi

4.Simmering

Simmering adalah teknik memasak yang wajib dikuasai oleh siapapun yang menyukai memasak, teknik simmering ini dikenal sebagai teknik merebus dengan menggunakan api yang kecil.

Tak jauh berbeda dengan boiling, teknik memasak simmering juga menggunakan air sebagai media memasaknya. Perbedaannya, suhu yang digunakan lebih rendah, yakni di bawah 100 derajat celcius. Kamu harus selalu menjaga suhu panasnya dengan cara mengecilkan api ketika air mulai mendidih.

Teknik ini mampu menghasilkan sebuah sajian masakan dengan cipta rasa yang bumbunya meresap sampai ke dalam bahan makanan yang telah direbus dengan waktu yang cukup lama. Aroma yang dihasilkan pun menjadi lebih wangi dan mantap. Teknik simmering biasanya digunakan untuk membuat masakan seperti kaldu, soto, rawon, atau semur ayam.

4.Poaching

Teknik memasak ini sama dengan boiling, hanya saja proses poaching berjalan lebih lambat karena dibutuhkan suhu yang lebih rendah untuk mengaplikasikan teknik poaching.

Poaching adalah merebus bahan makanan dibawah titik didih dalam menggunakan cairan yang terbatas jumlahnya. 

Untuk melakukan teknik ini persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :

1. Suhu poaching dibawah titik didih berkisar 83-95 derajat celcius

2.  Air yang digunakan sesuai dengan banyaknya bahan makanan

3. Makanan harus tertutup dari cairan

4. Peralatan yang digunakan harus bersih

Teknik poaching ini dapat dilakukan untuk mengolah jenis bahan makanan seperti dagingm ikan, buah-buahan, dan sayur.

5.Braising

Braising adalah teknik memasak dengan sedikit air mendidih, kira-kira setengah dari bahan yang akan direbus dalam panci penutup dengan api kecil. Makanan yang akan diolah dengan teknik ini harus diolah terlebih dahulu. Tujuannya agar bumbu yang digunakan pada bahan makanan dapat meresap sempurna ketika dimasak dengan teknik ini.

Untuk melakukan teknik braising hal yang harus diperhatikan diantaranya sebagai berikut :

1. Merebus dengan air yang sedikit

2. Ukuran bahan yang akan diolah harus sama besarnya

3. Saat mengelolah daging dengan cara memasukkan daging dalam braising panci, lalu siram dengan kaldu secukupnya

4.  Jika menggunakan sauce pan, caranya mencairkan mentega dalam sauce pan, lalu masukkan daging hingga warnya berubah menjadi kecoklatan

5. Jika pengolahan dalam oven, braising ditutup rapat dan masukan dalam oven

6. Jika pengolahan diatas kompor, caranya posisi braising pan tertutup.

Itu dia berbagai macam teknik memasak yang mungkin belum kamu tahu. Kunci memasak memang terletak pada cara memasak yang kamu gunakan. Namun, bahan yang digunakan pun turut menentukan hasil akhirnya, loh.

Resep Semur Ayam Tahu Kuah Kental

Semur Ayam
Semur Ayam Tahu Kuah Kental

Apabila kamu mengikuti resep semur ayam ini, termasuk dalam teknik memasak Simmering. Nah, jika ingin membuat masakan yang lezat, dengan menggunakan beberapa teknik yang ada di atas kamu bisa mempelajarinya di Resep Semur Ayam Tahu Kuah Kental




You May Also Like

0 Comments