Seberapa Penting Kesehatan Mental?

by - September 12, 2021

Dalam melakukan aktivitas setiap harinya, sebagai manusia pasti mempunyai berbagai macam perasaan ada yang senang, sedih, kecewa atau biasa aja.  Tidak ada yang aneh dengan semua mood kita. Justru yang merasa aneh yaitu perasaan itu berlangsung terus menerus menananggu kegiatan kita. Pernah nggak sih kamu merasa saat kepalamu penuh dan nggak tahu mau meluapaknnya sama siapa?
Kenyataanya kita tidak bisa terbuka dengan semua orang. Ke keluarga atau ke teman terbaiknya sekalipun. Bukan karena tidak percaya, tetapi terkadang ada perasaan nggak nyaman saat harus menceritakan perasaan yang sedang dialaminya kepada orang lain.

mental

Tetapi, apakah kalian tahu kalau kita memendam perasaan negatif secara terus menerus akan mengganggu Kesehatan mental kamu? Nggak mau kan masih umur 20an tapi udah sakit-sakitan? Nah, dari pada membayar buat pengobatan yang terbilang nggak murah, lebih baik kamu melakukan hal sederhana yang bisa dilakukan secara rutin setiap harinya yaitu membuat Journaling atau jurnal harian.

Apa itu journaling?

Journaling adalah suatu aktivita menulis perasaan atau pikiran kita yang sedang kita rasakan ke dalam sebuah notes. Hal ini penting dilakukan terutama buat kamu yang sering kebingungan. Setelah menuliskan pikiran kita ke dalam journal nani kamu akan mengetahui. Bagaimana meluapkan emosi yang sedang kamu rasakan.Dalam jounaling ini kamu bebas menuliskan apapun. Kegiatan harian, mingguan, bulanan ataupun achive di bulan yang sedang berlangsung.

Manfaat Journaling

Saya sebagai mahasiswa sangat penting sekali melakukan journaling. Saya menulisakan semua perasaan saya dalam bentuk mood tracker. Berjalannya waktu saya jadi lebih paham gambaran umum dari masalah yang sedang dihadapi dan saya jadi lebih tahu hal apa saja yang di lakukan. Seolah saya bisa menemukan solusinya.

Dengan mengeluarakn semua uneg-uneg ke dalam tulisan. Kita juga berusaha untuk menjaga Kesehatan mental agar tetap baik-baik saja. Jangan pernah meremehkan perasaan sekecil apa pun. Karena jika hal ini dibiarkan secara terus menerus akan menganggu kehidupan kita ke depannya.


 

You May Also Like

0 Comments