5 TIPS FOKUS KULAH ONLINE/ BELAJAR SECARA DARING

Posting Komentar

Hallo guys! Di masa pandemi COVID-19 yang telah memasuki hampir satu tahun di Indonesia, sistem pembelajaran daring tentu bukan lagi hal yang baru. Berbagai jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari PAUD,SD,SMP,SMA/SMK sampai Perguruan Tinggi telah menerapkan pembelajaran online sebagai langkah antisipatif penularan dan transmisi virus. Bagi jenjang perguruan tinggi sendiri, sistem perkuliahan daring tampaknya masih akan terus berlanjut untuk semester depan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang melarang perkuliahan tatap muka di seluruh zona di Indonesia. Meski telah berjalan selama 11 bulan hampir satu tahun ini, perkuliahan daring tentu masih menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Hampir semua orang mengalami perubahan pola hidup sejak ada awal pandemi awal tahun 2020. Mau tidak mau, kita harus berdamai dan membiasakan diri dengan rutinitas yang berbeda.

kuliah online

Selama masa social distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun juga dilakukan di dalam rumah. Namun, mungkin banyak sekali di antara kamu yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Eits, jangan malas dulu ya. 

Berikut adalah tips biar kamu efektif selama melakukan kuliah online.

1. Buat reminder jadwal kuliah online

Melakukan perkuliahaan di rumah bukan berarti kamu melupakan kewajibanmu menjadi mahasiswa. Kamu harus mengingat dan mencatat jadwal perkuliahan online yang sudah diberikan oleh dosen. Biasanya, setiap perkuliahan online selalu diberikan absensi agar dosen bisa mengecek kehadiranmu dalam perkuliahan online tersebut. So, jangan terlalu menyepelekan ya. Bisa-bisa kamu dapat teguran jika terlalu menyepelekannya, lho.

2. Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas

Selain melakukan pengecekan jadwal mata kuliah online, kamu juga wajib sekali untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Biasanya, ketika kamu melakukan sistem online, kamu harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut. Karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika kamu telat mengumpulkan tugas.

3. Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kamu seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kamu harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen kamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan online bisa berjalan efektif.

4. Cari ruangan yang buat kamu nyaman dan berkonsentrasi tinggi

Namanya juga mengerjakan di rumah, pasti kamu susah untuk melakukan konsentrasi saat melakukan perkuliahan oline. Beberapa hal dapat men-distract kamu saat kuliah online berlangsung. Nah, maka dari itu kamu seharusnya mencari lokasi di tempat tinggalmu yang nyaman dan tentunya dapat memudahkan kamu untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan tersebut.

Pada dasarnya, semua orang memiliki kebiasaan belajar yang unik dan berbeda-beda. Ada yang senang belajar di tempat tidur, ada yang dapat berkonsentrasi pada saat subuh, atau ada pula yang suka belajar berkelompok. Amatilah dirimu dan temukan kebiasaan apa yang dapat mendukung pembelajaran.
Kamu dapat menanyakan pertanyaan berikut untuk membantu mengenali cara belajar diri:

1.Tempat seperti apa yang bisa membuatmu fokus?
2.Jam berapa yang paling optimal untuk belajar?
3.Dapatkah kamu berkonsentrasi belajar ditemani musik? Atau haruskah belajar di suasana yang sunyi?
4.Seperti apa kondisi diri yang paling optimal untuk belajar? Apakah harus mandi dan rapi? Atau, bisakah konsentrasi jika kamu belajar sambil makan?
5. Miliki tidur yang cukup dan berkualitas

Saat beraktivitas di rumah saja, kita terdorong untuk hidup dengan kurang terstruktur. Salah satunya adalah jam tidur yang tidak teratur dan kebiasaan begadang. Padahal, tidur adalah kunci untuk pembelajaran yang efektif. Saat kamu tidur nyenyak dan cukup, otak akan dapat fokus dan mengingat informasi dengan lebih baik. Jadi, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 jam setiap malam.

Itu dia beberapa tips kuliah online yang dapat kamu terapkan. Teruslah beradaptasi dan temukan pola belajar yang paling sesuai untukmu. Jangan menyerah pada keadaan dan buktikan bahwa kamu dapat menjadi mahasiswa yang kreatif dan unggul meski dalam pandemi sekali pun. Semangat berkuliah online ya guyss!




Alfiyatun Rochmah
Hello, I'm Alfiya, majoring in accounting in the Computerized Accounting study program at Semarang State Polytechnic. This blog is about my experiences in school, relationships, travel and personal blogs. Most of the content on this blog will be written in Indonesian. Be Enjoy Guys!

Related Posts

Posting Komentar