Solusi Kuliah Online di Masa Pandemi

by - Juli 11, 2021

Kuliah Online menjadi pilihan alternatif kegiatan belajar mengajar perkuliahan di tengah pandemi COVID-19. Siapa yang sangka kalau di tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini kita mengalami kondisi dimana semuanya harus dikerjakan dari rumah. Mulai dari bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan aktivitas lainnya yang dikerjakan dirumah. Semenjak itu, banyak sekali kampus-kampus yang langsung mengganti struktur pembelajarannya menggunakan kuliah online, dan membatasi kegiatan di sekitar kampus karena ancaman wabah COVID-19.

Dengan kemajuan tekologi yang berkembang pesat membantu dalam banyak hal. Termasuk dalam memperoleh edukasi yang bisa diakses dimana saja. Bagi kalian khususnya mahasiswa baru yang ingin mendaftar di perguruan tinggi kini tidak perlu datang ke kelas setiap saat. Dengan memanfaatkan akses internet bisa mendapatkan gelar sarjana lewat kuliah online S1. Pilihan jurusannya pun beragam yang dapat disesuaikan dengan minat. Khususnya dengan bantuan dari teknologi sekarang, kuliah online pun juga bisa tetap memiliki interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa walaupun gak bisa tatap muka secara langsung.
 
Online Learning

Dampak Positif Kuliah Online di Masa Pandemi COVID-19

1.    Manajemen waktu lebih baik

Perkuliahan daring membuat mahasiswa bisa menghemat waktu. Mengapa demikian? Dengan kuliah online tidak ada waktu yang terbuang akibat perjalanan berangkat menuju kampus. Waktu yang ada bisa digunakan untuk istirahat, olahraga, bekerja, bisnis maupun mengulang bahan ajar dan mengerjakan tugas dengan pikiran yang lebih jernih. Hal tersebut dapat dilakukan karena pada dasarnya masa-masa kuliah bukan hanya soal belajar materi perkuliahan saja. Masa-masa kuliah juga dapat digunakan untuk menggali potensi atau keterampilan dalam berbagai bidang selain dalam bidang akademik

2.    Menyesuaikan dengan kecepatan sendiri

Dengan menjalanakan perkuliahan secara online mahasiswa bisa menyesuaikan cara belajar dengan kemampuan atau kecepatan sendiri tanpa perlu tergesa-gesa mengikuti kecepatan orang lain. Jika memperlukan waktu lebih lama untuk mempelajari suatu konsep atau materi, mahasiswa bisa mengulanginya kembali. Jika dirasa sudah siap bisa melangkah ke materi selanjutnya. Ada banyak fasilitas yang tersedia untuk membantu mahasiswa dalam memahami pelajaran. Seperti video, berkonsultasi dengan dosen, dan mengakses materi dari sumber lainnya, supaya mahasiswa semakin termotivasi dalam kuliah.

3.    Biaya lebih terjangkau

Biaya kuliah berbeda-beda di tiap universitas, dengan kuliah online S1 cenderung lebih terjangkau dibanding pilihan kuliah konvensional. Sebab, mahasiswa Ketika melakukan kuliah online tidak banyak memakai fasilitas kampus seperti kelas lainnya.

4.    Bebas pilih jurusan

Pada saat masuk kuliah banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan karena ketika awal masuk adanya tes dengan standar nilai yang ditetapkan dengan pesaingan yang sangat ketat. Sehingga, kerap kali orang kuliah tidak sesuai minatnya. Sementara pada kuliah online mahasiswa bisa memilih jurusan sesuai keinginanya. Di Uhamka Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka terdapat pilihan program studi favorit seperti jurusan Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Hukum, dan Teknik. Tak perlu khawatir nantinya ijazah yang mahasiswa dapat di kuliah online sama seperti kuliah regular S1.

5.    Metode Blended Learning

Saat ini program e-learning sedang menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan, seiring bertambah canggihnya teknologi akan mempengaruhi metode pembelajaran dan akan semakin canggih pula.  Untuk beralih dari model pembelajaran tatap muka atau bertemu secara langsung, lalu berubah menjadi online itu sangat membutuhkan effort dan biaya yang tidak sedikit. Namun ini bisa dimulai dengan model blended learning. Apa itu blended learning? blended learning adalah pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual. 

Metode ini menggabungkan metode kuliah online dan kuliah offline. Selain belajar lewat materi teks, video, dan diskusi yang tersedia online mahasiswa juga ada kelas tatap muka di akhir pekan. Jadi, bisa bertemu langsung dengan dosen dan teman sekelas dari berbagai latar belakang. Mahasiswa dapat merasakan belajar secara online sekaligus pengalaman di kelas seperti umumnya perkuliahaan. Menarik kan?

6.    Ubah midset dan nikmati kuliah online

Mulai sekarang ubahlah mindset dalam diri kita sebagai mahasiswa bahwa kuliah dan belajar dari rumah itu sama aja dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Justru yang berbeda adalah hanya tempat, sistem, dan suasana aja. Nikamti prosesnya lama-lama pasti akan bisa. Ciptakan rasa enjoy dan usahakan tidak merasa terbeban sehingga pembelajaran bisa berjalan efektif. 
 
Buat Kamu mahasiswa baru yang ingin melanjutkan ke jenjang Pendidikan tinggi di tengah pandemi COVID-19. Kamu bisa mengikuti program pembelajaran kuliah online dari rumah dan mendapatkan gelar sarjana.  Yuk, segera bergabung menjadi keluarga besar UHAMKA

Kunjungi website  https://onlinelearning.uhamka.ac.id/ untuk informasi lebih lanjut dan lakukan pendaftaran disini!
 

Good Luck 😊




You May Also Like

0 Comments