Tips Menyambut Bulan Suci Ramadan

Tak terasa sudah memasuki bulan Ramadan. Setelah sekian lama berpisah, kini Ramadan kembali hadir di tengah-tengah kita. Bagi seorang muslim, tentu kedatangan bulan Ramadan akan disambut dengan rasa gembira dan penuh syukur, karena Ramadan merupakan bulan maghfirah, rahmat dan menuai pahala. Ada banyak hal ternyata yang bisa kita lakukan dalam rangka mengisi ibadah di bulan penuh rahmat ini, khususnya kegiatan yang akan membuat ibadah makin maksimal.

“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).

Pastikan  tidak hanya berpuasa dari makan dan minum saja ya! Karena di bulan Ramadan ini harus  manfaatkan sebaik mungkin, mengisi hari demi hari dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk melakukan lebih banyak kebaikan, sehingga puasanya makin berkah. Maka manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin! Nah, simak hal-hal berikut agar puasa kita penuh berkah dan bermanfaat.

Jangan Banyak Tidur! Keluar dari Zona Nyaman, dan Manfaatkan Waktu untuk Melakukan Hal Positif.

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan membuat kita merasa mudah lelah atau merasa ngantuk. Ini wajar, karena saat berpuasa terdapat perubahan pola makan dari yang awalnya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari di waktu malam, disertai dengan aktivitas yang bertambah di malam hari, sehingga mengubah metabolisme tubuh seseorang, seperti pola tidur yang tidak teratur.

Puasa memang bawaannya ingin tidur terus dan sebisa mungkin bermalas-malasan karena tubuh terasa lemas. Nah, dari pada cuma tidur aja, lebih baik keluar dari zona nyama kalian dan melakukan hal-hal positif. Contohnya membantu orang yang membutuhkan pertolongan dalam hal yang positif yaa, membaca Al qur’an, mengikuti pengajian agama, berdzikir, dan ibadah-ibadah sunah lainnya. Kemudian, Sebagai  seorang pelajar tentunya banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan, nah itu jangan ditunda-tunda tugasnya sebisa mungkin dikerjakan dengan tepat waktu supaya tidak keterusan begadang.

 Puasa Bukan Hanya Perkara Menahan Lapar!

Saat puasa pasti akan membuat lebih mudah merasa lapar bukan? Tapi, makanan dan minuman itu godaannya anak-anak yang masih sekolah, kalau seusia kita sih godannya udah beda lagi, bisa dibilang sudah naik level.

Gimana ya caranya? Nah, kalian bisa memulainya dengan cara melakukan aktivitas lain yang lebih baik dan bermanfaat. Pilih hal-hal positif yang kalian sukai, dan lakukan dengan sepenuh hati. Niscaya pahala akan kalian raih, apalagi di bulan puasa yang penuh berkah. Makin berlipat-lipat lho pahala-Nya.

Berhenti Bergosip!

Kita tahu kalau bergosip itu adalah hal yang buruk, namun sayangnya kebiasaan membicarakan orang lain memang sulit dihindari yaa, apalagi saat kita bertemu dengan teman dekat atau teman sebaya yang memiliki hobi “bergosip”.

Gimana caranya biar kita bisa jauh dari aktivitas tak bermanfaat ini? Hal pertama yang harus kita lakukan adalah, harus pintar-pintar mengendalikan diri. Memulainya dengan menasehati diri sendiri sebelum menyampaikan nasihat itu pada orang lain. Nah selain itu, lakukan aktivitas positif dengan teman-teman saat berkumpul, misalnya melakukan rencana bakti sosial di bulan Ramadhan ini, maupun aktivitas yang lainnya.

Bersedekah Lebih Banyak pada Orang yang Membutuhkan

Di bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk bersedekah sebanyak-banyaknya Karena Ramadhan ini amal dan ibadah kita akan dilipat gandakan oleh-Nya.
Kalau tidak banyak cukup uang, lalu gimana dong?
Kalian tahu gak? Bersedekah itu bukan hanya dalam bentuk harta saja lho, senyumpun bisa jadi sedekah murah yang jadi ibadah. Selain senyum juga bisa berbagi kisah-kisah penuh kebaikan dan inspiratif di sosial media, agar hal positif yang dapatkan dapat tertular pula pada orang lain.

Itulah beberapa hal yang harus kita lakukan Selama di Bulan Ramadan. Semoga di Ramadan kali ini bisa memanfaatkan segala sesuatu untuk menjadikannya ladang pahala sekaligus ladang penghapus dosa, Aamiin.


 

Alfiyatun Rochmah
Hello, I'm Alfiya, majoring in accounting in the Computerized Accounting study program at Semarang State Polytechnic. This blog is about my experiences in school, relationships, travel and personal blogs. Most of the content on this blog will be written in Indonesian. Be Enjoy Guys!

Related Posts

Posting Komentar