5 TIPS FOKUS KULIAH ONLINE SAAT PANDEMI

Hallo guys! Gimana kuliah daring kalian? Apakah sudah merasa bosan ataupun senang dalam kuliah daring? Di masa pandemi COVID-19 yang telah memasuki hampir satu tahun di Indonesia, sistem pembelajaran daring tentu bukan lagi hal yang baru. Berbagai jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari pendidikan taman kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi telah menerapkan pembelajaran online sebagai langkah antisipatif penularan dan transmisi virus. Bagi jenjang perguruan tinggi sendiri, sistem perkuliahan daring tampaknya masih akan terus berlanjut untuk semester depan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang melarang perkuliahan tatap muka di seluruh zona di Indonesia. Meski telah berjalan selama 11 bulan hampir satu tahun ini, sebentar lagi virus covid udah mau berumur aja hahaha. perkuliahan daring tentu masih menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Hampir semua orang mengalami perubahan pola hidup sejak ada awal pandemi awal tahun 2020. Mau tidak mau, kita harus berdamai dan membiasakan diri dengan rutinitas yang berbeda.

Selama masa social distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun juga dilakukan di dalam rumah. Namun, mungkin banyak sekali di antara kamu yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Eits, jangan malas dulu ya. Berikut adalah tips biar kamu efektif selama melakukan kuliah online.

1.    Buat reminder jadwal kuliah online 

Melakukan perkuliahaan di rumah bukan berarti melupakan kewajibanmu menjadi mahasiswa. Kalian harus mengingat dan mencatat jadwal perkuliahan online yang sudah diberikan oleh dosen ataupun yang udah ditetapkan oleh kampus. Biasanya, setiap perkuliahan online selalu diberikan absensi agar dosen bisa mengecek kehadiran dalam perkuliahan online tersebut. So, jangan terlalu menyepelekan ya. Bisa-bisa kamu dapat teguran jika terlalu menyepelekannya, lho.

2.    Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas 

hayoo disini siapa yang sering telat dalam pengumpulan tugas? tenang, kalian nggak sendiri akupun sebagai mahasiswa juga pernah lupa dalam pengumpulan tugas, akan tetapi saya sendiri lebih sering mengumpulkan saat mendekati deadline entah kenapa rasanya berasa punya ilmu kilat saat deadline udah didepan mata, hahaha. untuk meringankan beban tugas-tugas kuliah saya yang hampir setiap minggunya ada 20an tugas dibantu dengan to-do-list catatan khusus tugas biasanya saya buat terlebih dahulu yang lebih mudah dan untuk mengingatkan kembali saya juga  list di grub whatsapp  dengan sahabat kuliah supaya tidak ada tugas yang ketinggal dan tentunya kerja sama ketika ada kesusahan dalam mengerjakan. jadi, membuat saya lebih semangat dalam menjalankan kuliah meskipun secara online. Selain melakukan pengecekan jadwal mata kuliah online, juga wajib sekali untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. untuk itu, supaya lebih mudah mengingatkan tugas saya membentuk kelompok belajar untuk saling mengingatkan dan memberi semangat. Biasanya, ketika melakukan sistem online, terutama di kampus saya sendiri harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut.  Karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika telat mengumpulkan tugas.

3.    Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kita bermalas-malasan dalam melakukan perkuliahan. Kamu harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen yang udah disampaikan melalui zoom, gmeet, maupun voice note catat hal-hal yang sekira penting menurut kamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan onlinemu bisa berjalan efektif. semangat ya guys, meskipun ini sangat berat bagi kita sebagai mahasiswa yang notabenya malas sekali dalam menulis. tapi, kita harus menyesuaikan dengan keadaan dengan kita rajin menulis bisa lebih mudah dalam memahami materi kuliah dan bermanfaat  juga ketika menghadapi daily test maupun final test.

4.    Cari ruangan yang buat kamu nyaman dan berkonsentrasi tinggi 

Namanya juga mengerjakan di rumah, pasti susah untuk melakukan konsentrasi saat melakukan perkuliahan online. Beberapa hal dapat men-distract saat kuliah onlinemu berlangsung. Nah, maka dari itu seharusnya mencari lokasi di tempat tinggal yang nyaman dan tentunya dapat memudahkan  untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan tersebut. Dan saat kuliah online berlangsung harus dipastikan koneksi internet kalian bagus supaya tidak ada kendala dalam sinyal.

Pada dasarnya, semua orang memiliki kebiasaan belajar yang unik dan berbeda-beda. Ada yang senang belajar di tempat tidur, ada yang dapat berkonsentrasi pada saat pagi hari, atau ada pula yang suka belajar berkelompok. kalau saya sendiri lebih senang belajar ditempat yang sunyi jauh dari keramaian, belajarnya ditempat khusus belajar tidak di tempat tidur soalnya bisa membuat saya lebih cepat mengantuk, supaya lebih konsentrasi dalam belajar sambil memutar musik favorit saya, dan ketika belajar jauhkan dari handphone kurang lebih 2 jam untuk meningkatkan kosentrasi belajar.

Amatilah diri kalian dan temukan kebiasaan apa yang dapat mendukung pembelajaran.Kalian dapat menanyakan pertanyaan berikut untuk membantu mengenali cara belajar diri: 

  1. Tempat seperti apa yang bisa membuatmu fokus?
  2.  Jam berapa yang paling optimal untuk belajar?  
  3.  Dapatkah kamu berkonsentrasi belajar ditemani musik? Atau haruskah belajar di suasana yang sunyi?  
  4. Seperti apa kondisi diri yang paling optimal untuk belajar? Apakah harus mandi dan rapi? Atau, bisakah konsentrasi jika kamu belajar sambil makan?        

5. Miliki tidur yang cukup dan berkualitas

Saat beraktivitas di rumah saja, kita terdorong untuk hidup dengan kurang terstruktur. Salah satunya adalah jam tidur yang tidak teratur dan kebiasaan begadang. Padahal, tidur adalah kunci untuk pembelajaran yang efektif. Saat kamu tidur nyenyak dan cukup, otak akan dapat fokus dan mengingat informasi dengan lebih baik. Jadi, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 jam setiap malam.

Itu dia beberapa tips kuliah online yang dapat kamu terapkan. Teruslah beradaptasi dan temukan pola belajar yang paling sesuai untukmu. Jangan menyerah pada keadaan dan buktikan bahwa kamu dapat menjadi mahasiswa yang kreatif dan unggul meski dalam pandemi sekali pun. Semangat berkuliah online ya guyss!



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama