Tips dalam Menyimpan dan Membuang Obat yang Benar di Rumah

by - September 15, 2021

Apakah kalian mengetahui? ternyata, Sebagian dari kasus keracunan obat disebabkan oleh cara menyimpan obat yang salah. Menyimpan obat yang benar dapat menjamin keamanan pemakaian obat-obatan tersebut.

menyimpan dan membuang obat

Penyimpanan obat dengan cara yang benar membantu menjaga kondisi obat tetap dalam keadaan yang baik atau tidak rusak. Selain itu, juga dapat menghindarkan kesalahan penggunaan obat oleh orang yang salah, misalnya anak-anak.
Oleh karena itu, Yuk simak postingan berikut ini bagaimana sih cara menyimpan obat yang benar di rumah :

1. Ikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan obat. 

Sebagian besar obat-obatan harus disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Hal ini karena udara panas, sinar matahari, serta kelembapan dapat membuat obat mudah terurai sehingga tidak efektif lagi.
Beberapa obat seperti insulin harus disimpan di lemari pendingin, namun jangan menaruhnya di freezer.

2. Perhatikan masa kedaluwarsa obat-obatan.

Jika kemasan obat sudah dibuka, maka batas masa kedaluwarsa sudah tidak berlaku lagi. Untuk memudahkan Anda dalam mengingat, berikan label dan tuliskan tanggal kemasan obat dibuka dan jangka waktu penyimpanannnya.

3. Jangan pisahkan obat dari kemasan aslinya. 

Kemasan asli sudah disesuaikan untuk menyimpan obat dan biasanya pada kemasan terdapat tata cara penggunaan dan informasi mengenai obat yang sangat berguna. Membuka obat dari kemasan dan tidak mengonsumsinya langsung dapat menyebabkan perubahan kimiawi pada obat.

Sebelum Dibuang

Lain halnya dengan sampah lain, obat-obatan yang akan dibuang memiliki risiko merusak lingkungan akibat senyawa kimia yang dikandungnya.
Obat yang dibuang begitu saja juga rawan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, sebelum membuangnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

1. Hancurkan obat-obatan dengan cara menggerusnya. Kemudian, mencampurnya dengan air atau pasir dan tempatkan dalam wadah tertutup sebelum dibuang agar tak merusak lingkungan.
2. Rusak kemasan obat dan labelnya untuk pencegahan penggunaan kembali obat yang telah kedaluwarsa.
3. Jika obat yang akan dibuang memiliki jumlah yang banyak, Anda dapat menyerahkannya kepada rumah sakit atau pabrik obat untuk kemudian dihancurkan oleh mereka bersama obat lainnya.

Nah sekarang sudah tau kan bagaimana cara menyimpan obat yang benar Ketika di rumah??







You May Also Like

0 Comments