Hidup Sehat Dengan Mencuci Tangan

by - September 09, 2021

Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih merupakan cara paling sederhana yang terbukti secara ilmiah efektif membantu melindungi dari patogen seperti bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya yang berbahaya.
Meskipun demikian, masih banyak orang yang sering mengabaikan cara terbaik menjaga kebersihan tangan yang satu ini karena menganggap bahwa tangan yang bersih adalah tangan yang tampak bersih secara kasat mata atau tidak nampak kotoran serta noda di bagian telapak tangan. Kurangnya edukasi mengenai manfaat mencuci tangan bagi kesehatan, tidak adanya fasilitas kebersihan tangan yang memadai dan juga sulitnya akses ke sumber air bersih merupakan beberapa faktor eksternal yang dipercaya menghambat masyarakat untuk memulai kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar. 

mencuci tangan

Dengan mempelajari langkah cuci tangan dengan sabun, serta tujuan mencuci tangan dengan baik dan benar, maka sobat dapat memahami secara detail manfaat mencuci tangan di tengah wabah COVID-19 sekarang ini.

Langkah cuci tangan dengan sabun

Sebelum kita memulai untuk membahas apa tujuan mencuci tangan dengan baik dan benar, perlu diingat bahwa kebiasaan mencuci tangan tidak akan mampu mencegah diri sobat dari penyakit apabila tidak dilakukan dengan cara yang benar, dan di waktu yang tepat.
Berikut ini adalah 8 langkah cuci tangan dengan sabun yang setidaknya membutuhkan waktu 20 detik untuk menyelesaikannya, yaitu:

1. Basahi tangan dengan air yang mengalir, dan gunakan sabun secukupnya pada telapak tangan
2. Gosok kedua telapak tangan
3. Gosok punggung tangan dan sela jari-jari
4. Kunci ruas jari secara berlawanan, lalu gosok dari sisi ke sisi
5. Genggam ibu jari tangan kanan dan gosok ibu jari secara memutar, lakukan sebaliknya
6. Menggosok secara rotasi di kedua arah dengan meletakkan ujung jari masing-masing tangan di telapak tangan yang berlawanan
7. Bilas tangan dengan bersih dan menyeluruh dengan air yang mengalir
8. Keringkan tangan secara menyeluruh

Apa tujuan dari mencuci tangan?

Masih ada banyak orang yang perlu lebih memahami tujuan utama dari mencuci tangan, khususnya dengan cara yang efektif yaitu dengan menggunakan sabun dan air bersih.
Karena faktanya, sekitar 50% pria dan 22% wanita tidak menggunakan sabun ketika mencuci tangan, dan bahkan kebanyakan dari mereka hanya mencuci telapak tangan ketika mencuci tangan.

Tujuan mencuci tangan menurut WHO adalah:

1. Melindungi diri dari berbagai macam infeksi dan penyakit berbahaya
2. Mencegah penyebaran bakteri dan virus ke orang lain melalui tangan

Kapan harus mencuci tangan?

Untuk menghentikan penyebaran kuman di lingkungan keluarga, buat aturan cuci tangan rutin untuk semua orang. Cuci tangan penting dilakukan saat:
- Sebelum makan dan memasak
- Setelah menggunakan kamar mandi
- Setelah membersihkan rumah
- Setelah menyentuh binatang termasuk hewan peliharaan
- Sebelum dan sesudah mengunjungi atau merawat teman atau saudara yang sakit
- Setelah bersin, batuk atau mengeluarkan ingus
- Setelah berada di luar atau melakukan aktivitas luar ruangan (bermain, berkebun, mengajak anjing jalan-jalan, dan lain-lain.

Kenapa mencuci tangan itu penting?

Virus pernafasan seperti penyakit virus corona (Coronavirus Disease atau COVID-19) menyebar ketika lendir atau tetesan yang mengandung virus masuk ke tubuh melalui mata, hidung atau tenggorokan. Mengutip Unicef, seringkali penularan virus terjadi melalui tangan. Tangan adalah salah satu cara umum penyebaran virus dari satu orang ke orang lain. Salah satu cara termurah, termudah dan paling penting untuk mencegah penyebaran virus adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air, terlebih selama terjadi pandemi global. Menjaga tangan tetap bersih bukan hanya pertahanan yang efektif melawan penyebaran infeksi dan penyakit serius; mencuci tangan dengan sabun dan air bersih adalah hal yang sangat sederhana dan mudah dilakukan untuk dapat membuat perbedaan besar!


Sumber : https://www.calmic.co.id/blog/tujuan-mencuci-tangan/
https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/28/190000069/pentingnya-cuci-tangan?page=all




You May Also Like

0 Comments